Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) dan harta terhukum. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan. -Khalifah Ali bin Abi Talib-

Popular Posts

Jumat, 16 September 2011

MANAGEMENT OF LOVE




Assalamu'alaikum wr.wb
Alhamdulillahirobbil'alamin, pada malam hari ini saya akan me review kembali materi yang disampaikan saat kegiatan rutin siswi SMAN 33 tiap Jum'at yaitu Keputrian.

Bahasan kami kali ini adalah "SHARING"
 Ya, hari ini kami para Petugas Keputrian hanya akan mengajak para teman-teman untuk sharing. Tentang apa? Apapun!
Dan tepat seperti dugaan, mayoritas dari teman-teman memilih untuk membahas tentang Si Merah Jambu. Hehe... bahasan yang tidak akan pernah ada habisnya sampai kapanpun..
Dari zaman nabi Adam sampai generasi yang termuda saat inipun pasti memiliki berbagai kisah cinta dengan modifikasi yang bermacam-macam.

Mulai dari yang romantis, melankolis, sampai tragis! Uh! Miris!
Apa sih cinta itu?
Seperti apa bentuknya?
Untuk siapa seharusnya cinta itu dilabuhkan?

Cinta adalah fitrah yang diberikan Allah pada seluruh makhluknya di bumi ini. Fitrah berarti suci. Maka Cinta adalah sesuatu yang suci dan sakral.

Dalam islam (versinya banyak nih ya), Cinta itu dibagi menjadi 3 secara garis besar
1. Cinta Syar'i
     adalah cinta yang paling tinggi dan mulia. Cinta yang ditujukan hanya kepada Allah dan syariatnya, Rasulullah dan sunahnya, mencintai jihad di jalan Allah, cinta pada kebaikan dan pelaku kebaikan. Dalam Al-Qur'an dijelaskan dalam Surah At-Taubah : 24 dan Al-Imran : 31

2. Cinta Thabi'i
    adalah cinta yang secara alami ada dalam jiwa manusia. Cinta ini tidak haram, tapi tidak boleh melebihi cinta syar'i. Contohnya: cinta kepada orangtua, anak, saudara, suami, istri, teman, pekerjaan, kekayaan, dll. (QS.Ali-Imran : 14)

3. Cinta Fasadi
    adalah cinta yang tingkatannya paling rendah dan hina. Cinta jenis ini membuat kita tidak malu berbuat buruk, berani berkata kotor, dll. (QS. Al-A'raf : 179)

Sebuah pertanyaan klasik tiba-tiba terlontar dari mulut salah seorang siswi

"Gimana sih caranya melupakan seseorang yang sangat kita cintai?"

Sepengetahuan saya, sejauh yang pernah saya dengar tentang jawaban dari pertanyaan klasik seperti ini adalah "SESEORANG TIDAK AKAN MAMPU MELUPAKAN SUATU HAL, KECUALI KARENA AMNESIA. KARENA KETIKA DIA HENDAK MELUPAKAN SUATU HAL, MAKA IA HARUS MENGINGAT KEMBALI HAL APA YANG HENDAK IA LUPAKAN." (Mario Teguh)

 Dalam Hukum Kekekalan Energi juga dikatakan, bahwa energi tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan, tapi energi hanya bisa dirubah dalam bentuk lain.

Anggap Cinta itu adalah suatu energi. Energi yang tidak bisa kita musnahkan, tetapi bisa kita rubah ke dalam bentuk lain. Misalnya ke dalam sebuah kegiatan yang positif.
Untuk mengurangi ingatan kita pada hal-hal yang tidak ingin kita ingat, ada beberapa tips dari saya :
1. Sibukkan dirimu dengan hal-hal yang lain. Buat dirimu lelah dengan hal-hal positif sehingga kau tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal sepele yang lain (ex: love)
2. Batasi diri untuk tidak menyentuh, melihat, atau mengetahui berbagai informasi tentang dia.
3. Perbanyaklah berkumpul dengan orang-orang yang mampu mengingatkanmu dalam kebaikan.
4. Jangan pernah lupakan Allah dalam setiap tarikan napasmu.
    "Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan menyebut (nama-Nya) sebanyak-banyaknya" QS.Al-Ahzab : 41

     "Alaa bi dzikrillahi tatmainnul quluub"
    ...Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram. QS.Ar-Ra'd : 28

Saudariku, biarlah cinta  datang pada waktunya, di tempat yang semestinya dan pada hati yang memang ditakdirkan untuk menerimanya. Selagi kau kejar impian dan cita-citamu, titipkan rasa cintamu pada Allah, serahkan ia pada Sang Maha Cinta. Biar Allah yang melabuhkan cinta kita pada hati yang semestinya.
Apabila mungkin cintamu tak menemukan tempat berlabuh di dunia, yakinlah ia kan bersemi di dalam surga-Nya.
Jangan risau. Semua telah ada dalam skenario-Nya. Bertawakalah pada Allah.
Semoga bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar